Sabtu, 06 Oktober 2012

I am who I am





 siapakah aku?
who am I?
qui suis-je?
wie ben ik?
chi sono?
quem sou eu?

Setiap orang di dunia, tak peduli dari belahan bumi mana pun, pasti pernah memikirkan satu pertanyaan ini : siapakah aku?
Kalau pertanyaan itu pernah terbesit di pikiranmu, jangan merasa konyol hehe, karena bisa dibilang itu adalah suatu bentuk introspeksi yang baik untuk menemukan esensi hidupmu yang sesungguhnya.
nah, kalau ada yang tiba-tiba menyodorkan pertanyaan "siapa kamu?" padaku, aku pasti akan kebingungan sekali menjawabnya, padahal seorang terkenal pernah berkata ini
Knowing others is wisdom, knowing yourself is enlightenment.
- Lao Tzu
nah, tapi karena aku sudah diberikan waktu yang cukup lama untuk menjawabnya, I'll try to answer, guys ^_^


who am I?

Aku adalah Ratna Wulansari, seorang gadis biasa yang berusaha menjadi luar biasa.
 Langkah pertamaku menjadi orang yang luar biasa adalah dengan menjadi mahasiswi di Universitas Gadjah Mada di Fakultas Farmasi (yang alhamdulillah sudah tecapai) . Mengapai harus farmasi? Karena dari dulu aku ngebet pengen kerja di BPOM (kalau bisa jadi ketuanya yaa hehe). Kan 'you are what you eat', nah kebanyakan makanan yang beredar di Indonesia itu belum sepenuhnya aman. 
Apalagi masih banyak produk farmasis lainnya yang disalahgunakan. Lewat Fakultas Farmasi, aku akan merintis jalanku untuk mengubah keadaan itu :)

Lalu langkahku yang lain adalah menjadi seorang penulis atau komikus. Pengen jadi penulis, karena aku suka menulis, dan pengen ciptain novel sehebat Harry Potter yang bisa menyihir pembacanya dan sekeren Hunger Games. Kalau komikus yaa karena aku suka gambar, walau gambarku belum bagus  =,=

Nah, tapi, sebenarnya siapa 'Ratna Wulansari' itu? jangan cari di facebook yaa nama ini, karena dijamin ada lebih dari 20 orang yang memiliki nama yang persis sama denganku (haha nama yang umum, memang).
Ratna Wulansari adalah seorang gadis yang bisa diibaratkan dengan pohon Sakura. 






Mengapa harus pohon? Coba pikir yaa.  Tak peduli seberapa buruk kondisi tempat ia tumbuh, pohon Sakura akan terus bertahan dengan akar-akarnya yang kuat. Pohon Sakura akan beradaptasi dengan perubahan musim di Jepang. Bila diberi pupuk, air dan sinar matahari yang cukup, pohon Sakura akan tumbuh tinggi dan  berbunga dengan indahnya. Tapi, bila ia disakiti, ditebang atau dirusak, pohon Sakura akan goyah juga dan kehilangan keindahannya.
Kurang-lebih, aku sama seperti itu hehe. Aku juga tipe golongan darah A banget deh. Benar-benar tercermin dalam sikapku. Mau tahu sifat golongan darah A? Coba googling yaaa :D. Intinyaa, aku adalah seorang yang sangat sederhana, tapi ingin melakukan suatu perubahan besar.
Kalo ditanya soal potensi yang aku miliki, aku bingung sih jawabnya gimana... aku ini ga terlalu pintar, tapi juga ga bodoh. Ga terlalu pintar menggambar, tapi juga ga terlalu jelek juga gambarnya hehe. Tapi, aku ingin diingat orang-orang sebagai orang yang berwibawa (hehehe) dan bisa jadi pemimpin yang baik. Aku juga ingin jadi orang yang bisa menempatkan diri di keadaan yang tepat. Oleh karena itu, aku sedang berusaha melatih sifat-sifat itu sekarang hehe.

Bagaimana dengan kamu? Sudah bisa menjawab pertanyaan 'siapakah aku'?

Dari sebuah pertanyaan sederhana 'siapakah aku?', kamu akan sadar bahwa dirimu adalah unik. Tiap-tiap orang itu unik, berbeda-beda, tidak ada yang sama persis.


Always remember that you are absolutely unique. Just like everyone else.
- Margaret Mead

Hanya karena kamu tidak seperti si A, atau tidak seperti B, lantas kau merubah jati dirimu yang sesungguhnya. Tidak, jangan begitu! Ingat ini :
 
It is far better to be hated for who you are than to be loved for who you are not.
- Unknown


Tapiiii, bukan berarti kamu bisa mempertahankan sifat burukmu looh. Sifat seperti egois itu harus dihilangkan. Belum terlambat lhoo untuk mengubahnya. Baca ini :

It's never too late to be what you might have been.
- George Elliot


Aku sendiri sadar masih ada beberapa sifat buruk yang masih mengalir dalam darahku haha, tapi aku sedang dalam proses untuk menghilangkan sifat-sifat itu. Seperti kata ibuku, tiap tahun jangan tunggu hadiah dari orang lain, tapi hadiahilah dirimu sendiri, yakni dengan memberikan sifat-sifat baik :)


Lewat pertanyaan 'siapakah aku?' juga, kamu akan lebih sadar akan arti hidupmu sesungguhnya di bumi ini, tujuan mengapa kau dilahirkan.


Bahkan Soe Hok Gie menuliskan ini di diary-nya :



Pertanyaan pertama yang harus kita jawab adalah: Who am I? Saya telah menjawab bahwa saya adalah seorang intelektual yang tidak mengejar kuasa tapi seorang yang ingin mencanangkan kebenaran. Dan saya bersedia menghadapi ketidak-populeran, karena ada suatu yang lebih besar: kebenaran.




Soe Hok Gie benar-benar menjawab pertanyaan ini dengan sangat dalam ya.




Masih merasa dangkal? Coba dipikirkan lagi yaaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar